Masakan Jepang

Tempura, yakiniku, shabu-shabu, katsu dan sushi adalah contoh dari masakan Jepang yang dikenal oleh orang Indonesia. Masakan Jepang tidak hanya dijual di restoran-restoran Jepang atau di mal-mal sja, tapi kini masakan Jepang bisa ditemui juga di pedagang kaki lima. Kebanyakan dari kita memang mengenal masakan Jepang yang berupa gorengan. Hal ini disebabkan karena telah terjadi penyesuaian rasa agar dapat diterima oleh lidah orang Indonesia. Lalu, seperti apa masakan Jepang yang asli itu?

Ketika berada di Jepang, saya pernah mendapat kesemoatan untuk menikmati hidangan Jepang yang full course. Jangan dibayangkan akan muncul yakiniku, sushi atau masakan gorengan lainnya. Lauk utamanya memang ikan, tapi dihidangkan seperti semur yang memakai kecap asin. Untuk pembukanya berupa tsukemono atau sayuran yang sudah diasinkan. Untuk sup-nya ada miso shiru atau sup miso. Kemudian ada juga tahu sutera mentah. Jujur saja, saya hanya bisa mengatakan bahwa saya bisa memakannya, tapi tidak bisa mengatakan jika itu enak.

Prinsip dalam masakan Jepang adalah sa shi su se so atau dikenal juga dengan istilah ryouri no sa shi su se so. Kelima elemen tersebut harus ada dalam setiap masakan Jepang:
Sa untuk satou (gula)
Shi untuk shio (garam)
Su untuk osu (vinegar)
Se untuk shoyu (shoyu/kecap asin Jepang)
So untuk miso (miso, seperti tauco)

Karena harus mengandung kelima elemen tersebut, tidak heran jika masakan Jepang di dominasi oleh rasa shoyu dan miso. Kalau ingin mencoba hidanga  Jepang asli ketika sedang di Jepang, cobalah untuk menginap di ryokan atau penginapan ala Jepang. Walaupun bukan hidangan full couse, tapi setidaknya kita bisa mencoba apa yang dimaksud dengan ryouri no sa shi su se so tersebut. Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s