Membaca Kembali Hasil Terjemahan

Dalam blog ini saya pernah menulis tentang kewajaran bahasa dalam penerjemahan. Hasil terjemahan yang terasa wajar bagi pembaca sasaran akan membuat terjemahan tersebut menjadi ‘enak’ dibaca dan tentunya akan membuat penilaian yang baik bagi penerjemahnya.

Cara untuk memeriksanya adalah membaca kembali hasil terjemahan tanpa membandingkan dengan naskah aslinya. Dari situ penerjemah dapat memperbaiki pilihan kata, tata bahasa hingga pencantuman tanda baca.

Saya menemukan contoh ketidakwajaran bahasa seperti yang ada dalam foto di bawah ini.

DSC_0322

Foto di atas adalah tulisan yang tercantum dalam sebuah minimarket (convinience store) di Seoul, Korea Selatan.

Awalnya saya membaca versi bahasa Inggrinya dan merasa ada yang aneh dengan kalimatnya. Namun jujur saja, bahasa Inggris saya juga tidak bagus sekali sehingga mungkin saja saya salah.

Bahasa selanjutnya adalah bahasa Mandarin, saya tidak bisa membaca satu huruf pun.

Bahasa selanjutnya adalah bahasa Jepang. Nah, kalau yang ini saya berani komentar. Kalimatnya sendiri sudah terasa tidak wajar. Ditambah lagi terdapat kesalahan fatal dalam penempatan tanda baca yang membuat kalimat tersebut membingungkan.

Bagian yang saya maksud adalah kalimat berikut:

お客、様楽しみなショ

ッピングしてください。

Pertama kali saya melihatnya, saya bertanya-tanya apa artinya 「様楽」? Setelah melihat secara utuh kalimatnya, saya baru menyadari bahwa kalimat tersebut terputus oleh tanda koma (,). Penempatan tanda baca koma (,) pada kalimat di atas membuat kata 「お客様」terpisah menjadi 「お客」dan「様」.

Selain itu, pemotongan kata 「ショッピング」menjadi 「ショ」dan「ッピング」dibaris selanjutnya membuat kalimat tersebut tidak enak untuk dibaca.

Seperti yang saya tulis sebelumnya, hasil terjemahan akan menentukan kualitas si penerjemah. Terlebih lagi jika hasil terjemahannya akan dibaca oleh banyak orang dan dipublikasikan. Jangan sampai hasil terjemahannya membuat malu baik klien maupun penerjemahnya itu sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s